Bupati Ipuk Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Halaman Kantor Bupati Banyuwangi

oleh

BANYUWANGI – Bupati Ipuk Fiestiandani memimpin upacara penurunan bendera merah putih di halaman Kantor Bupati Banyuwangi, Selasa (17/8/2021) sore.

Berbeda dengan upacara pengibaran bendera pagi tadi yang mengenakan pakaian dinas upacara (PDU) berwarna putih, Ipuk kali ini memakai baju adat Osing Banyuwangi dan tetap menggunakan masker.

Upacara disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kabupaten Banyuwangi.

Peserta upacara terdiri dari perwakilan instansi unsur TNI/Polri, Satpol PP, dan ASN yang yotal berjumlah 36 orang.

Bupati Ipuk tampak didampingi Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah yang juga terlihat kompak mengenakan pakaian adat Osing.

Komandan Upacara AKP Subandi melapor ke Ipuk sebagai Inspektur Upacara. Subandi sehari-hari menjabat sebagai Kapolsek Pesanggaran.

Ipuk memerintahkan agar upacara dilanjutkan.“Kerjakan!” tegasnya.

Kemudian, terdengar aba-aba Komandan Kompi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Iptu Budi Mujiono yang memimpin pasukan memasuki lapangan upacara untuk bersiap menurunkan bendera.

“Pasukan penurunan sang merah putih siap!” lapor Budi yang sehari-hari juga menjabat sebagai Kanit Turjawali Satlantas Polresta Banyuwangi.

“Laksanakan!” timpal Ipuk.

Tim Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera, Gala Pangestu asal sekolah SMAN 1 Glagah, Dern Arya Putra Wiranata asal sekolah SMAN 1 Purwoharjo, dan Radita Deo Pratama asal sekolah SMKN 1 Kalipuro.

Lantas pembawa baki Retno Laily Prameswary asal sekolah SMAN 2 Taruna Bhayangkara Genteng menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Inspektur Upacara untuk disimpan.

Lalu, pemberi aba-aba Lusyana Safara asal SMAN 1 Cluring memandu tim penurunan bendera untuk kembali pada formasi Paskibraka.

Perwira upacara AKP Imron yang sehari-hari menjabat sebagai Kapolsek Glagah akhirnya bisa bernafas lega karena upacara penurunan bendera sudah berjalan lancar.

“Terima kasih atas kerjasama dari semua pihak mulai dari peserta, korsik, paskibraka, dan tim IT sehingga upacara penurunan bendera sore ini sukses tanpa ada hambatan yang berarti,” ujar Imron saat ditemui setelah upacara selesai.

Setelah itu, Bupati Banyuwangi didampingi Forkopimda menuju ruang Rempeg Jogopati untuk mengikuti upacara penurunan bendera sang merah putih secara virtual langsung dari Istana Merdeka.

(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.