Pengunduran Diri Robert A. Zebua Dari Ketua KSP3 Nias di Sahkan Rapat Internal Pengurus

oleh

GUNUNGSITOLI – Pernyataan pengunduran diri Ketua Pengurus Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pendesaan (KSP3) Nias, Robert Arozatulo Zebua, S. Ag melalui pesan di group WhatsApp. Dalam pernyataanya, Robert mengajukan pengunduran diri dari Pengurus dan Ketua Pengurus KSP3 Nias terhitung 29 Juli 2021.

Hal ini diungkapkan secara lisan dan melalui Chat WhatsApp 02 Agustus 2021. Robert Arozatulo Zebua menyampaikan bahwa Ia mengundurkan diri dari Kepengurusan dan Ketua KSP3 Nias.

“Robert A. Zebua mengaku bahwa dirinya seorang ASN disalah satu Instansi Pemerintahan di Kab. Nias. Mengingat dirinya terganggu dalam pekerjaanya sebagai ASN sehingga ia mengundurkan diri dari Jabatanya di KSP3 Nias. Berhubungan dengan Somasi dari Suda’ali Waruwu, SH dan rekannya menyoroti keberadaan ASN yang wajib berkantor setiap hari dan disoroti oleh kelompok – kelompok lain. Maka secara pribadi dan tanpa pengaruh pihak manapun saya mengundurkan diri sebagai Pengurus dan Jabatan Ketua KSP3 Nias. Mulai saat ini saya tidak mencampuri segala kegiatan di KSP3 Nias,” tulis Robert A. Zebua lewat WhatsApp.

Menanggapi hal itu, Pengurus KSP3 Nias mengadakan Rapat dan menyurati Ketua KSP3 Nias untuk meminta surat pengunduran diri secara tertulis. Hal itu dilakukan agar pengunduran diri dari Ketua KSP3 Nias secara resmi dan terhormat dan memilih pengganti baru. 
Namun, surat dari pengurus tersebut tidak di tanggapi Robert A. Zebua malah dia mengirikan surat pembatalan pengunduran dirinya pada tanggal 07 Agustus 2021. Kegiatan KSP3 Nias semakin terkendala dengan tidak aktifnya Ketua Pengurus di Kantor KSP3 Nias sedangkan surat pernyataan secara tertulis masih belum diserahkan.

Pemimpin seharusnya memberikan contoh yang baik kepada anggotanya. Apa lagi Robert A. Zebua, S. Ag, MM mengakui dirinya sebagai ASN, namun Ia memberi contoh buruk kepada pengurus yang lain di KSP3 Nias.

Mengingat dengan terkendalanya kegiatan KSP3 Nias beberapa anggota mendesak pengurus lainya untuk melaksanakan mekanisme sesuai Amandemen AD/ART tahun 2015 KSP3 Nias. Maka pada tanggal 09 Agustus 2021 pukul 14.00 WIB. Bertempat di Aula KSP3 Nias, diadakan Rapat Internal Pengurus KSP3 Nias tentang Pembahasan Pengunduran diri Ketua Pengurus KSP3 Nias dan Pembahasan Pengangkatan General Manager Terpilih. Adapun yang menjadi kesimpulan Rapat adalah sebagai berikut :

  1. Peserta rapat sepakat untuk mengesahkan pengunduran diri Robert Arozatulo Zebua, S. Ag, MM sebagai ketua pengurus KSP3 Nias periode 2021-2024.
  2. Terkait surat saudara Robert Arozatulo Zebua, S. Ag, MM sebagai balasan tanggal 04 Agustus 2021 tentang permintaan surat pernyataan pengunduran diri secara tertulis, peserta rapat sepakat bahwa surat tersebut bukan merupakan jawaban dari perihal surat pengurus KSP3 Nias.
  3. Dengan SAH nya pengunduran diri saudara Robert Arozatulo Zebua, S. Ag, MM sebagai ketua sekaligus sebagai Pengurus KSP3 Nias, maka tugas-tugas Ketua Pengurus KSP3 Nias untuk sementara dilaksanakan oleh Wakil Ketua, sampai pada pelaksanaan Rapat Pengurus KSP3 Nias berikutnya untuk mengangkat Pengganti Ketua sebagaimana diatur dalam Amandemen AD/ART KSP3 Nias tahun 2015.
  4. Surat Keputusan Tim Perekrutan General Manager Tahun 2021 tentang penetapan General Manager KSP3 Nias Terpilih berdasarkan Berita Acara Hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon General Manager KSP3 Nias tahun 2021 pada hari jumat, 23 Juli 2021. Peserta Rapat sepakat untuk ditindak lanjuti oleh pengurus KSP3 Nias dengan Pembuatan Kontrak dan Surat Keputusan Pengangkatan dan Penetapan yang ditanda tangani bersama para Pihak pada hari Rabu 11 Agustus 2021 dan diserahkan pada hari Kamis 12 Agustus 2021.

(S.Hulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.